cari

Senin, 10 November 2008

Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa Merendam Kampung Melayu

Jakarta - Musim hujan datang, banjir pun datang. Hal biasa yang harus dihadapi warga Jakarta khususnya yang tinggal di bantaran sungai. Warga di wilayah Kampung Melayu adalah pelanggan tetap yang selalu dihampiri genangan air selama musim hujan.

Salah satunya RT 09 RW 02 Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara. Hari ini, Selasa (11/11/2008) hingga pukul 10.40 WIB, ketinggian air di wilayah itu mencapai pinggang orang dewasa.

Di wilayah RW 02, 15 RT dari 17 RT yang ada telah terendam banjir. Banjir sudah terjadi sejak malam tadi. Banjir diperkirakan terjadi karena debet air di Pintu Air Katulampa, Bogor dan Depok meningkat. Sebelumnya warga di wilayah ini telah diperingatkan akan datangnya banjir.

Air mulai masuk rumah warga pukul 24.00 WIB. Puncaknya pada pukul 05.00 WIB pagi, air mulai meninggi hingga sepinggang.

Walaupun rumah mereka tergenang banjir, warga tetap bertahan di rumah masing-masing. warga setempat tidak meninggalkan rumah untuk mengungsi. Rata-rata rumah di daerah itu berlantai dua sehingga mereka bisa bertahan di lantai atas rumah mereka.

"Warga sudah biasa banjir begini. Jadi tidak mengungsi, korban jiwa juga tidak ada," ujar Ketua RW 02, Awang Sanwani, kepada detikcom.

Warga yang rumahnya hanya sebagian tergenang air tampak mulai membersihkan air bercampur lumpur yang menggenang. Sementara yang rumahnya masih tergenang air hingga sepinggang hanya duduk mengobrol dan menunggu air surut. Anak-anak kecil asyik bermain air.

Posko bantuan telah disiapkan, namun belum ada bantuan di posko itu. Warga pun masih memilih bertahan di rumah masing-masing.
Riz-Q May

Tidak ada komentar: