cari

Senin, 14 Juli 2008

Skripsi... Skripsi...

yah... revisi... berarti pengulangan visi jika diartikan secara harfiah...
but... inilah yang merupakan sisi penting dari setiap skripsi yang ada..
pasti ada aja dosen yang meminta... katanya sih untuk membuat kita lebih tahu dan aware terhadap apa yang udah kita buat... baik itu skripsi yang hanya sekedar modifikasi software maupun hanya mengolah data...

Skripsi saya berkutat pada perancangan jaringan ...
jaringan yang dibentuk oleh layer 2 dan layer 3...
keduanya berada pada tataran VPN (Virtual Private Network)...
Layer 2 diwakili oleh VLAN (Virtual LAN)
Layer 3 diwakili oleh EIGRP... (lain kali dibahas secara ilmiah)
masalahnya... ni dua benda ga bisa dibandingin...
hal yang terjadi menurut penguji saya ... bahwa saya harus membuat alur cerita dari layer 2 menuju layer 3 itu sendiri...

karena kehabisan akal untuk menarik untaian yang sesuai untuk membuat alur cerita yang baik, maka dengan berat hati dan tertahan, maka akhirnya didapatkan sebuah jaringan yang merupakan hybrid dari keduannya... dengan menggunakan routing protokol EIGRP, maka dibangunlah VLAN... konfigurasi tar dibahas lebih tuntas setelah pesan- pesan berikut ini....

semua cerita ada permulaan dan akhirnya... tetapi entah kenapa otak gw yang kadang pinter dan kadang rada- rada ini ingin membahasnya dari belakang... mungkin ini karena robot otak gw baru mampu menyentuh kulit dari skripsi ini sendiri daripada sampai pada corenya... maklum otak ga bisa di-upgrade... ga kayak CPU yang lo pake buat nge-browse...

Riz-Q May

Tidak ada komentar: