cari

Minggu, 16 Desember 2007

{ Mengubah File DjVu Menjadi File PDF }

Convert DjVu (DejaView :) ) to PDF

Baru nemu dari blog orang... lupa lagi namanya... ya wes... kebetulan butuh gitu... soalnya kalo ambil dari lib gw ada yang file djvu gitu... ga ngertijadinya... tanya ma mang google ngasi linknya pas bet... blognya di blogspot juga c...hihihi... pisss... selama ini blog dan berhubung undang2 IT masih diperdebatkan ma paman2 di MPR DPR... jadi... no plagiator here... even if i js copy n paste aprox 80%... im still me... not plagiator... setuju?

Baru saja saya mendapatkan buku dengan format file *.djvu. Serasa asing mendengarnya namun tidak terlalu pusing karena di google pasti ada penjelasannya. Dari google diperoleh informasi bahwa file *.djvu itu bisa dibuka dengan image viewer semacam irfan view atau windjview untuk freeware-nya.

Karena tidak umum tipe file itu maka tergelitik untuk ingin tahu cara mengkonversinya ke format pdf. Sayang belum diperoleh software yang bersifat gratis. Akhirnya googlepun dimanfaatkan untuk mendapatkan tips mengubah untuk mengubah file DjVu menjadi file pdf.

Caranya tidak terlalu sulit. Hanya perlu kesabaran jika file yg diubah ukurannya cukup besar. Buka file DjVu itu menggunakan DjVu Viewer yang kita punya tadi. Kemudian cetak file DjVu dengan menggunakan Printer: Adobe PDF (jangan menggunakan printer secara fisik). Kemudian tentukan tempat penyimpanan file yang nanti berformat pdf hasil konversi dari file DjVu.

Untuk lebih jelasnya monggo disimak tanya jawabnya di forum PalnetDjVu.

Tidak ada komentar: